Jumat, 25 Agustus 2023

Resume Materi PKKMB Unila 2023

Nama : Salma Qothifatun Nabiila

NPM : 2313053219

Fakultas: KIP

Jurusan : Ilmu Pendidikan

Prodi : PGSD


Hari pertama

• Materi 1 : Pengemban Karakter Mahasiswa (Unggul dan Inovatif)

  Pemateri : Hj. Eva Dwiana, S.E.,M.Si

Kemajuan dan perkembangan diri mahasiswa dimulai dari diri sendiri. Tekad yang kuat adalah dasar dari setiap pengembangan diri mahasiswa. Sebagai seorang mahasiswa yang baik, harus memiliki kesadaran diri yang baik. Menyadari bahwa kesempatan yang diberikan untuk menjadi mahasiswa adalah suatu kesempatan yang tidak semua orang bisa dapatkan. Lingkungan adalah salah satu faktor kebiasaan untuk diri. Seorang mahasiswa sepatutnya dapat mengendalikan diri agar tidak terpengaruh hal-hal tidak baik dalam suatu lingkungan. 

• Materi 2 : Pendidikan tinggi di era revolusi industri 4.0 dan society 5.0

  Pemateri : Dr.Eng. Suripto Dwi Yowono,M.T

Visi dan Misi Unila

Visi : Universitas Lampung menjadi center of excellence di tingkat nasional dan internasional sebagai institusi yang kuat (Be Strong) berlandaskan nilai-nilai luhur budaya nasional dan Pancasila. 

Misi : menerapkan Tri Dharma perguruan tinggi yang berkualitas guna menghasilkan sumber daya manusia yang adaptif dan fleksibel terhadap perubahan serta inovasi yang bermanfaat bagi peningkatan daya saing bangsa. 

Society 5.0

Society 5.0 merupakan sebuah ilmu pengetahuan yang berbasis modern yang memanfaatkan teknologi internet of things seperti kecerdasan buatan (AI), komputerisasi, juga industri robot. Dalam society 5.0 manusia akan menjadi pusatnya human Sentral dengan tetap berbasis teknologi atau teknologi based. Hal ini tentunya berdampak pada lembaga pendidikan, di mana proses pembelajaran dituntut untuk lebih mendewasakan serta lebih mencerdaskan peserta didik. 

Unila mengusung era society 5.0

1. Kurikulum merdeka

2. International exposure

3. Kegiatan mahasiswa di luar kampus

4. Pengelolaan lingkungan

Program merdeka belajar kampus merdeka (MBKM) 8 kegiatan pembelajaran di luar kampus:

1. Pertukaran pelajar

2. Magang atau praktik industri

3. Membangun desa atau KKN

4. Kewirausahaan

5. Studi atau proyek independen

6. Mengajar di satuan pendidikan

7. Penelitian atau riset

8. Proyek kemanusiaan


• Materi 3 : kehidupan berbangsa dan bernegara

  Bela negara adalah sebuah konsep yang disusun oleh perangkat perundangan dan petinggi suatu negara tentang patriotisme seseorang, di suatu kelompok atau seluruh komponen dari suatu negara dalam kepentingan mempertahankan eksistensi negara tersebut. 

Konsep umum setiap warga negara memiliki kewajiban yang sama dalam masalah pembelaan negara. Hal tersebut merupakan wujud kecintaan seorang warga negara pada tanah air yang sudah memberikan kehidupan padanya. Hal ini terjadi sejak seorang lahir tumbuh dewasa serta dalam upayanya mencari penghidupan. 

Bhinneka tunggal Ika

Menjadi jati diri (karakter) bangsa Indonesia artinya bahwa sudah sejak dulu hingga saat ini kesadaran akan hidup bersama di dalam keberagaman sudah tumbuh dan menjadi jiwa. Gotong royong merupakan satu sikap untuk membantu pihak atau orang yang lemah agar sama-sama mencapai tujuan. 


• Materi 4 : bahaya terorisme narkoba dan intoleransi

  Pemateri: Kapolda Lampung

Globalisasi memunculkan persaingan ketat, kejahatan berdimensi baru, disertai memudarnya nilai luhur kebangsaan maupun cinta tanah air. 

Media sosial sebagai bagian dari tantangan keberagaman

~ intoleransi yaitu penyebaran permusuhan dalam bentuk info hoax dan meme yang dapat memicu konflik.

~ radikalisme pro kekerasan adalah penyebaran paham radikal melalui propaganda pok teroris.

~ cybercrime adalah pornografi, judi online, UU it, dan lain-lain. 

Pengaruh internet dan konten radikalisme

* isu radikalisme mudah berkembang dengan pesat melalui teknologi informasi sehingga masyarakat mudah terpengaruh.

* mudah. Medsos diakses oleh masyarakat akan mengubah pola hidup dan pola pemikiran masyarakat khususnya masyarakat pedesaan yang minim dengan pengetahuan tentang bahaya radikalisme.

* melalui internet radikal dapat dengan mudah melakukan gerakan-gerakan radikal seperti propaganda baikat, penyebaran konten atau pesan-pesan bermuatan radikalisme yang jangkauan dan pengaruhnya berkembang dengan kuat dan cepat.

* banyaknya akun-akun di sosial media yang menyebarkan paham radikalisme yang kemudahan akses internet menjadikan masyarakat semakin mudah menerima informasi tentang gerakan radikalisme, pembuatan bom dan aksi terorisme. 

* hasil survei pak umur yang terpapar radikal berdasarkan survei yang dilakukan oleh BNPT sebanyak 12,2% masyarakat Indonesia yang masuk dalam kategori indeks potensi radikalisme didominasi oleh para gen muda.

* per 3 April 2021 terdapat 20.543 konten terindikasi terorisme di media sosial.


• Materi 5 : kampus merdeka tanpa kekerasan seksual

  Pemateri : Dr Chandra Parbawati

~ kampanye kesadaran adakan kamarnya edukatif untuk mahasiswa dan staf tentang definisi kekerasan seksual, dampaknya, serta pentingnya melaporkan dan mendukung korban.

~ pembentukan kebijakan sediakan kebijakan yang tegas tentang kekerasan seksual, termasuk prosedur pelaporan penyelidikan, dan sanksi yang jelas bagi pelaku.

~ pelatihan bystender. Berikan pelatihan kepada mahasiswa dan staf tentang cara mengenali dan mengintervensi situasi beresiko kekerasan seksual.

~ peningkatan pencahayaan perbaiki pencahayaan di area kampus yang rawan sehingga menciptakan lingkungan yang lebih aman.

~ pengawasan CCTV pasang kamera CCTV di lokasi strategis untuk meningkatkan pengawasan dan memberikan bukti dalam kasus kekerasan seksual.

~ Konseling dan dukungan. Sediakan akses mudah ke layanan konseling bagi korban dan pelaku, serta kelompok dukungan untuk korban.

~ penguatan keamanan. Tingkatkan keamanan kampus dengan patroli keamanan rutin dan akses terbatas ke area tertentu.

~ promosi pendidikan seks. Ada kan seminar dan diskusi terbuka tentang pendidikan seks yang inklusif, membahas persetujuan, batasan dan hubungan sehat.

~ komite anti kekerasan seksual. Bentuk komite kampus yang fokus pada pencegahan kekerasan seksual, termasuk representasi mahasiswa dan staf. 

~ pengawasan online. Monitor dan atasi perilaku online yang merugikan, termasuk pelecehan seksual di platform media sosial kampus. 



Hari kedua

• Materi 1 : Kampus sehat

  Poliklinik Unila sudah seperti puskesmas karena fasilitas yang baik bagi mahasiswa. Kita sebagai mahasiswa harus dapat memanfaatkan klinik Unila supaya dapat memaksimalkan menimba ilmu di Unila. Klinik Unila juga menyediakan konsultasi kesehatan, mental health, dan segera hal yang berhubungan dengan kesehatan mahasiswa. Pergunakan kesempatan itu dengan baik. 


• Materi 2 : peran mahasiswa di era digital

  Pemateri: Ir. Arinal Djunaidi

Semua orang bisa menjadi apapun yang dia inginkan selama kita memiliki keyakinan dan tekad yang kuat. Era digital yang ada harus dimanfaatkan sebaik mungkin titik gunakan digital sebagai media mendapatkan segala informasi, ilmu untuk mengembangkan diri. Jujur dalam tindakan, ikhlas dalam pengabdian adalah hal-hal yang harus diterapkan pada diri mahasiswa untuk menuju kesuksesan. Ikuti kata hati kita untuk menentukan pilihan hidup kita, karena bukan orang lain yang akan menjalani kehidupan kita. Menjadi mahasiswa bukan menjadi ajang kesombongan dengan mahasiswa lain tetapi menjadi ajang pengembangan diri dalam upaya menghapus kebodohan diri sendiri titik pintar belum tentu pandai, tetapi pandai sudah pasti pintar. Maka kembangkan daerah kita terlebih dahulu Jangan malu bekerja di desa Karena itu adalah desa kita sendiri daerah kita sendiri. 

Mahasiswa diharapkan dapat berperan sebagai agen pembangunan supaya Indonesia dapat bersaing dan menjadi negara maju. Mahasiswa untuk negara emas 2045 mahasiswa tanpa politik. 



Hari ketiga

Materi 1 : Ekosistem perguruan tinggi : meraih suskes dan lulus tepat waktu 

Pemateri : Prof dr. Sunyono,M.Si 

Menjadi mahasiswa harus berani sukses dan jangan takut tantangan (Berani gagal=jangan menyerah)

Kuliah = investasi masa depan

Fakta : lebih dari 40 juta pengangguran di Indonesia 

Keluhan umum tentang lulusan Perguruan Tinggi:

Terlalu teoritis

Kemampuan komunikasi kurang baik

Tidak memiliki kemampuan berfikir kritis dan kreatif

Ekosistem di perguruan tinggi :

winning charactheristic

- komunikatif

- proakritf 

- koperatif

- gigih

- cerdas

MUSUH UTAMA

malas!

ciri-ciri: 

• selalu punya alasan untuk menunda

• mendahulukan hal yang kurang penting

Memotivasi diri:

- gunakan aturan 5 menit

- bagi tugas yang besar

- beri hadiah pada diri

- tetapkan sasaran tiap kegiatan

- belajar bersama teman

- cari bantuan bila perlu

Bila tetap malas juga

- evaluasi target kita

- jangan menghindar dari tanggung jawab

- buat skala prioritas

- berpegang pada jadwal


MANAJEMEN WAKTU BELAJAR 

mengapa prestasi berbeda?

padahal...

semua orang memiliki waktu yang sama: 24jam sehari,168jam seminggu, 672 jam sebulan dan seterusnya. 

caranya; 

• atur manajemen waktu dengan baik

• manfaat waktu menunggu

• jangan sekedar ikut"an teman

• jangan menunda

• utamakan yang utama

Strategi menyusun jadwal

-buat daftar kegiatan

-buat skala prioritas

-pikirkan kebutuhan waktu

Pengaturan waktu

tidur malam 7jam

tidur siang  1jam

mandi pakaian makan menata ruangan 3jam

lain lain 2jam

belajar di kampus 7jam

belajar mandiri 4jam

total 24 jam 

perluas wawasan

-ikut seminar

-aktif berorganisasi

-ikut pertukaran mahasiswa

-magang/ bekerja sampingan

-membantu proyek dosen

pelayanan baru fkip

1.legalisir online

2.layanan terpadu- administrasi (akademik, 3.kemahasiswaan dan umun)

4.inkubator bisnis

5. Tata ruang fkip kedepan


• MATERI 2 : SISTEM PERKULIAHAN DAN PEMBIMBING AKADEMIK

  Pemateri: Dr.riswandi,M.Pd

How to study as a student college

mengelola belajar

keinginan untuk belajar

kebutuhan untuk belajar

belajar melalui pengalaman

belajar dari umpan balik

mengelola waktu

memulai belajar mandiri

mengambil kendali atas kontrak perkuliahan 


Tantangan abad 21

tantangan internal 

tantangan eksternal

tantangan kompetensi


Tugas dosen PA

~ membantu mahasiswa dalam menyusun rencana studi

~ menonton dan mengevaluasi pengembangan studi mahasiswa

~ membantu mahasiswa


Syarat syarat mengikuti perkuliahan

- sudah melakukan registrasi administrasi (membayar ukt)

- menyusun rencana studi melalui siakad online

- validasi rencana studi oleh pembimbing akademik

 Program MBKM

• pertukaran pelajar

 • magang/praktek industri

 • kewirausahaan

• membangun desa/kknt

 • studi/proyek independen

 • mengajar di satuan pendidikan

 • penelitian/riset

 • proyek kemanusiaan


Syarat mengikuti UAS

- kehadiran paling sedikit 80%

- melaksanakan semua kegiatan akademik terstruktur

- semua materi praktikum/resporasi 100%


• Materi 3 : Pengembangan karakter mahasiswa dan fasilitas FKIP

Pemateri : Dr.Albert Maydiantoro 


FKIP 

Kampus induk 

Kampus A Panglima polim

Kampus B Metro

Hak dan Kewajiban Mahasiswa

Pemateri : Hermi Yanzi, S.Pd, M.Pd


Hak dan kewajiban Mahasiswa:

1. Memperoleh layanan pendidikan sesuai minat dan bakat.

2. Manfaatkan fasilitas sesuai ketentuan masing-masing.

3. Sampaikan pada dosen (Hak bimbingan dari dosen)

4. Memperoleh informasi

5. Menyelesaikan studi lebih awal atau tepat waktu


Pelanggaran

Pelanggaran ada saksinya:

1. Sanksi ringan

2. Sanksi sedang

3. Sanksi berat

Kamis, 23 September 2021

Contoh soal dan pembahasan dari lain team

 Contoh Soal dan Pembahasan dari lain team

Salma Qothifatun Nabiila
XI IPA1
Absen 28

1. Tentukanlah nilai x yang memenuhi persamaan cos 2x = 1/2 dalam interval 0o < x ≤ 360

Jawab: 

cos 2x = 1/2
cos 2x = cos 60maka
2x = 60 + k.360
x = 30 + k.180
Untuk k = 0
maka x = 30 + (0)180 = 30Untuk k = 1
maka x = 30 + (1)180 = 210
dan 2x = –60 + k.360
x = –30 + k.180
Untuk k = 1
maka x = –30 + (1)180 = 150Untuk k = 2
maka x = –30 + (2)180 = 330
Jadi H ialah{ 30, 150 , 210 , 330 }

2. Diketahui cos A = 5/13 dan sin B = 24/25 , sudut A dan B lancip. Hitunglah cos (A + B) dan cos (A – B).

Penyelesaian:

cos A = 5/13 , maka sin A = 12/13
sin B = 24/25 , maka cos B = 7/25
cos (A + B) = cos A⋅ cos B – sin A⋅ sin B
                   = 5/13 ⋅ 7/25 – 12/13 ⋅ 24/25
                   = 35/325 − 288/325
                   = − 253/325
cos (A – B) = cos A⋅ cos B + sin A⋅ sin B
                   = 5/13 ⋅ 7/25 + 12/13 ⋅ 24/25
                   = 35/325 + 288/325          
                   = 323/325

3. Nilai dari 2 sin 52,5° cos 52,5° adalah...

Pembahasan: 

Sin 2 A = 2 sin A cos A
2 sin A cos A = sin 2 A
2 sin 52,5° cos 52,5° = sin 2 (52,5°)
                                    = Sin 105°
                                    = Sin (60° + 45°)
                                    = Sin 60° cos 45° + cos 60° sin 45°
                                    = ½√3 . ½√2 + ½ . ½√2
                                    = ¼√6 + ¼√2
                                    = ½ (√6 + √2)

4. . Tentukan nilai trigonometri dari cos 75° + cos 15°

Jawab :

cos a + B = 2 cos 1/2 (a + B) cos 1/2 (a - B)
cos 75° + cos 15° = 2 cos 1/2 (75° + 15°) cos 1/2 (75° - 15°)
  = 2 cos 1/2 (90°) cos 1/2 (60°)
  = 2 cos 45° cos 30°
  = 2 × 1/2 √2 × 1/2√3
  = 1/2√6

5. Tentukan nilai dari  cos 160° + cos 75°

penyelesaian:

disini kita menggunakan rumus bagian c yaitu: 
cos A + cos B = 2 cos ½ (A+B) cos ½ (A-B)
cos 160° + cos 75° = 2.cos1/2 (160° +  75°). cos 1/2(160° + 75°)
                               = 2.cos120°.sin45°
                               = 2.(-1/2)(1/2√ 2)
                               = -1/2√ 2




             

         TERIMAKASIH




Kamis, 02 September 2021

Tugas 6 Video materi dan contoh soal

 Assalamualaikum warahmatullahi wa barakatuh.

Nama : Salma Qothifatun Nabiila

Kelas  : XI IPA1

No.abse : 28

Video Materi Trigonometri dan Contoh Soal


https://youtu.be/xUeGv8fZbwg


    Terimakasih

Minggu, 15 Agustus 2021

Contoh Soal dan Pembahasan satu team

 Contoh Soal dan Pembahasan

Kumpulan beberapa soal dan pembahasan tentang Trigonometri.

1. Nilai dari 1 – 2 sin² 67,5° = .....

Jawaban :

Cos 2 A = 1 -2 sin² A => 1 – 2 sin² A = cos 2 A

                            1 – 2 sin² 67,5 = cos 2 (67,5°)

                                                = cos 135°

                                                = - cos 45°

                                                = - ½ √2 


2 Sederhanakan bentuk trigonometri  (1 + cot2 β) / (cot β . sec2 β).


Pembahasan
Dari pecahan (1 + cot2 β) / (cot β . sec2 β), sederhanakan masing-masing penyebut dan pembilangnya.
1 + cot2 β = cosec2 β
⇒ 1 + cot2 β = 1/sin2 β

cot β . sec2 β = (cos β/ sinβ) . sec2 β
⇒ cot β . sec2 β = (cos β/ sin β).(1/cos2 β)
⇒ cot β . sec2 β = cos β / sin β.cos2 β

Setelah digabung kembali diperoleh : 
(1 + cot2 β) / (cot β . sec2 β) = (1/sin2 β) / (cos β / sinβ.cos2 β)
⇒ (1 + cot2 β) / (cot β . sec2 β) = (1/sin2 β) . (sin β.cos2 β / cos β)
⇒ (1 + cot2 β) / (cot β . sec2 β) = sin β.cos2 β / sin2 β.cos β
⇒ (1 + cot2 β) / (cot β . sec2 β) = cos β / sin β
⇒ (1 + cot2 β) / (cot β . sec2 β) = cot β 
 
Jadi, (1 + cot2 β) / (cot β . sec2 β) = cot β.


3. 1.Jika cos 2x = 1/2 dan x ialah sudut lancip maka tan x = ....

A. 1/2

B. 1/2 √2

C. 1/2 √3

D. 1/3

E. 1/3 √2

Pembahsan

Hitung terpenting dahulu sin x

cos 2x = 1 - 2 sin2 x

2 sin2 x = 1 - cos 2x = 1 - 1/2 = 1/2

sin2 x = 1/4

sin x = 1/2

sin x = depan / miring = 1/2

tan x = samping / miring

samping = √(22 - 12) = √3

Makara tan x = √3/2 = 1/2 √3

Jawaban: C


4. Tentukan nilai fungsi cosinus untuk sudut 120o dengan memanfaatkan rumus pada sudut rangkap!

Pembahasan:

Cos120° = cos ( 2 . 6 )
Cos120° = cos²60 - sin²60
Cos120° = ( ½ )² - ( ½√3)²
Cos120° = (¼) - ( ¾) = - 2/4 = - ½

5.  Nilai dari 2 sin 52,5° cos 52,5° adalah...

Pembahasan: 

Sin 2 A = 2 sin A cos A
2 sin A cos A = sin 2 A
2 sin 52,5° cos 52,5° = sin 2 (52,5°)
                                    = Sin 105°
                                    = Sin (60° + 45°)
                                    = Sin 60° cos 45° + cos 60° sin 45°
                                    = ½√3 . ½√2 + ½ . ½√2
                                    = ¼√6 + ¼√2
                                    = ½ (√6 + √2)

                                    Terimakasih

Kamis, 12 Agustus 2021

IDENTITAS TRIGONOMETRI SUDUT RANGKAP

 Identitas Trigonometri Sudut Rangkap

Trigonometri berasal dari bahasa yunani trigonon=tiga sudut dan metron =mengukur. Trigonometri adalah sebuah cabang matematika yang mempelajari hubungan yang meliputi panjang dan sudut segitiga. bidang ini muncul di masa Hallenistik pada abad ke-3 SM dari penggunan geometri untuk mempelajari astromi. 


Rumus Sudut Rangkap Trigonometri

Pada umumnya, rumus sudut rangkap trigometri ini digunakan untuk menghitung nilai suatu sudut yang bukan termasuk sudut istimewa, selain itu juga digunakan untuk menghitung atau menentukan nilai fungsi trigonometri untuk suatu sudut tapi utamanya tetap bukan sudut istimewa tanpa alat bantu hitung. Sebagaimana yang diketahui, bahwa besar sudut yang temasuk dalam sudut istimewa adalah 30°,45°,60°,90° dan seterusnya. Sedangkan yang bukan sudut istemewa adalah 75°,105° dan seterusnya.


• IDENTITAS SINUS SUDUT RANGKAP

Menggunakan identitas sinus jumlah dua sudut, diperoleh sebagai berikut.

Sin(A+B) = sin A cos B + cos A sin B

Sin(A+A) = sin A cos A + cos A sin A

     Sin 2A = sin A cos A + sin A cos A 

     Sin 2A = 2 sin A cos A



• IDENTITAS COSINUS SUDUT RANGKAP 

Menggunakan rumus cosinus jumlah dua sudut diperoleh sebagai berikut.

Cos(A+B)  = cos A cos B - sin A sin B

Cos (A+A) = cos A cos A – sin A sin A

      Cos 2A = cos² A - sin² A


Sin² A + cos² A = 1

                Sin² A = 1 – cos² A

                Cos² A = 1 – sin² A 

Cos 2A = cos² A – sin² A

              = cos² A – (1 – cos² A)

              = 2 cos² A – 1 + cos² A

              = 2 cos² A -1

Cos 2A = 2 cos² A – 1


Cos 2A =  cos² A – sin² A

              = (1 – sin² A) – sin² A

              = 1 – 2 sin² A

 Cos 2A = 1 – 2 sin² A


• IDENTITAS TANGEN SUDUT RANGKAP

Menggunakan identitas tangen jumlah dua sudut diperoleh sebagai berikut.

tan(a+b) = tan a + tan b / 1 - tan a tan b

tan(a+a)  = tan a + tan a / 1 - tan a tan a

                = 2 tan a / 1 - tan² a

tan 2a = 2 tan a / 1 - tan² a


 Contoh Soal dan Pemahasan

Nilai dari 2 sin 52,5° cos 52,5° adalah...

Pembahasan: 

Sin 2 A = 2 sin A cos A
2 sin A cos A = sin 2 A
2 sin 52,5° cos 52,5° = sin 2 (52,5°)
                                    = Sin 105°
                                    = Sin (60° + 45°)
                                    = Sin 60° cos 45° + cos 60° sin 45°
                                    = ½√3 . ½√2 + ½ . ½√2
                                    = ¼√6 + ¼√2
                                    = ½ (√6 + √2)

                           Thank You

Resume Materi PKKMB Unila 2023

Nama : Salma Qothifatun Nabiila NPM : 2313053219 Fakultas: KIP Jurusan : Ilmu Pendidikan Prodi : PGSD Hari pertama • Materi 1 : Pengemban Ka...